FeniFine's Motto

"Kesuksesan anda tidak bisa dibandingkan dengan orang lain, melainkan dibandingkan dengan diri anda sebelumnya." ~Jaya Setiabudi

Jumat, 03 Januari 2014

Magang di Telkom Jogja

Jadi, angkatanku menjadi angkatan pertama yang merasakan kebijakan wajib magang dari Jurusan Manajemen UNY. Dan kewajiban magang tersebut harus dilakukan di semester 8. Untuk yg ingin cepat lulus itu masalah. Bagi aku yang tidak keburu ingin cepat-cepat lulus, masalah ada pada: menambah beban saja, hehe. Tapi setelah dijalani asik juga sih. Senang mendapat pengalaman baru.

Aku ingin magang di Telkom, dan kurang tertarik magang di tempat lain. Karena dulu aku punya keinginan untuk kerja di Telkom. Sekarang pengen jadi pengusaha sukses aja :’). Kalau diantara pembaca ada yang ingin magang di Telkom Jogja, berikut aku mau share langkah-langkahnya. Oh iya, yang harus diketahui sebelumnya, untuk mahasiswa manajemen, Telkom hanya menerima konsentrasi pemasaran. Selain jurusan manajemen, Telkom Jogja juga menerima magang jurusan Ilmu Komunikasi dan IT. Kalau jurusan lain kurang, tau, informasi selengkapnya bisa tanya ke satpam Telkom Jogja atau bagian front office.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah bertanya kepada resepsionis apakah menerima mahasiswa magang dari jurusan dan konsentrasimu. Ada dua kemungkinan penyebab ditolak: pertama, ada beberapa mahasiswa yang sedang magang, jadi tidak butuh tambahan tenaga mahasiswa magang lagi atau kedua, karena pihak Telkom tidak menerima mahasiswa magang dari jurusan/konsentrasi tertentu.

Langkah kedua adalah bertemu Bu Sunarti, untuk memastikan apakah ada tempat tersedia untuk mahasiswa magang. Kalau tidak tersedia ada dua pilihan, menunggu dan menanyakan kira-kira kapan tersedia tempat lagi untuk mahasiswa magang. Kedua cari tempat magang lain :p. Kalau tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat surat permohonan magang dari jurusan kalian masing-masing. Lalu menyerahkannya ke Bu Sunarti. Oh iya, beberapa mahasiswa ada yang disuruh membuat proposal dulu ada yang tidak. Kalau tidak disuruh oleh Bu Sunarti ya tidak usah buat, hehe. Kalau tidak disuruh juga tidak usah tanya apa perlu membuat proposal magang atau tidak. Daripada nanti mempersulit diri sendiri. Kalau sudah diterima magang tanpa disuruh membuat proposal ya alhamdulillah, syukuri saja :). Tapi kalau disuruh buat ya buat aja, gausah protes, hehe.

Langkah selanjutnya adalah membawa materai untuk menandatangani surat pernyataan yang sudah disiapkan oleh Telkom Jogja. Intinya jadi mahasiswa magang itu ada aturan yang harus dipatuhi. Kemudian nanti Telkom Jogja juga bakal ngasih surat jawaban ke Jurusan kamu bahwa kamu diterima magang disana. Surat ini harus kamu antar ke Jurusan kamu, biar kamu bisa segera dapet dosen pembimbing magang dari jurusan kamu.
Foto005
Kemudian, kamu tinggal menjalani proses magang disana. Jangan lupa sambil magang nyicil bikin laporan magang. Nanti pihak Telkom minta satu. Udah deh. :)

Oh iya, sedikit cerita, pegawai Telkom Jogja itu baik-baik, meskipun mayoritas usia nya sudah agak jauh diatas kita. Kalau aku dulu di bagian Consumer Service. Kebanyakan yang kerja ibu-ibu. Awal-awal sih mati gaya, seruangan yang magang cuma aku (belum ada mahasiswa magang masuk lagi), gak tau harus ngapain, semua sibuk sendiri, dan mau berinteraksi pun takut kalau ngganggu. Tapi lama-kelamaan bisa juga akrab sama ibu-ibu pegawai Telkom. Bahkan aku dikasih kenang-kenangan waktu aku pamitan. Ini dia kenang-kenangannya:


Ini kenang-kenangannya, yang atas tak foto pas antri beli pulsa di Plasa Telkom (sepulang pamitan), yang bawah tak foto pas sampai dirumah (isinya).
Foto008
Foto010
Diantara temen-temen sesama mahasiswa magang di Telkom cuma aku yang dapet kenang-kenangan. Gak tau kenapa. Mungkin karena dulu aku pindah-pindah meja, jadi bisa kenal semua ibu-ibu seruangan. Temen-temen yang lain gak pindah-pindah meja, jadi cuma kenal ibu-ibu pegawai yg meja-nya deket aja.

Trus kok aku pindah-pindah meja? Itu gara-gara netbookku rusak parah. Harddisknya kena, data ilang semua, casing rusak. Jadilah sejak pekan ketiga aku pindah-pindah meja, cari yang komputernya lagi gak dipakai. Tapi aku gak seenaknya pindah-pindah lah, aku pindah kemana itu dibawah komando Bu Peni, salah satu pembimbingku d Telkom Jogja. Sampai-sampai semua zona di ruang pegawai Consumer Service pernah aku tempati. Tengah, Timur, Tenggara, Selatan, Barat Daya, Barat Laut, Utara, Timur Laut, haha *malah nyanyi lagu jaman SD –“ Yup, musibah juga bisa membawa hikmah, aku jadi mengenal ibu-ibu pegawai Telkom lebih banyak daripada teman-temanku yg juga magang disana.

Terus tugas yang paling aku sukai selama magang adalah menjadi debt collector!! hahah. Jangan bayangin aku dateng ke rumah-rumah nagih utang gitu. Selama disana tugas utamaku cuma nelpan nelpon promosiin Speedy. Diantara berbagai jenis promosi Speedy. Aku paling suka promosi ke pelanggan yang nunggak tagihan Speedy. Tugasku nagih mereka supaya melunasi, dan memberikan tawaran promo khusus untuk mereka.

Percaya atau tidak, lebih mudah promosi Speedy ke mereka yang nunggak tagihan Speedy daripada promosi ke mereka yang belum pernah pakai Speedy. Padahal mereka yang nunggak tagihan itu kan salah satu alasannya karena pernah kecewa dengan Speedy. Aneh tapi nyata, hehe.

Setelah merasa kalau magang itu ternyata cukup mengasyikkan aku pun jadi pengen magang lagi ditempat-tempat lain, yang aku pengen dapet ilmu baru, yang aku butuhin. Misal magang di YEA Indonesia, bisnis daur ulang sampah, yayasan pemberdayaan perempuan, yayasan pemerhati usaha mikro & kecil :3

Tapi itu dulu, sebenernya masih pengen sih. Melihat parahnya kemampuanku mengelola waktu. Jadi tak buang jauh-jauh dulu deh keinginan magang lagi. Skripsi diselesein dulu. Biar bisnis bisa lebih tenang, gak melulu ditanyain orang dah lulus belum? Skripsinya sampai mana? aku paling anti sama pertanyaan yang kedua, hehe >_<

47 komentar:

  1. wah seruu yah magangnya, aku dulu jg sempet ngelamar di telkom tapi gak jadi diambil >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, seru! hehe
      kenapa kok ga diambil :o

      Hapus
  2. masa-masa magang itu seru juga ^_^
    dulu kebetulan waktu baru lulus smk saya juga magang di telkom surabaya barat selama 1 bulan aja, sebelum akhirnya dapat pekerjaan lain... magang waktu itu jadi kewajiban, tapi alhamdulillah memang banyak ilmunya+pengalaman terjun di lapangan+kenangan :)

    BalasHapus
  3. ehhh kok enak yah bisa langsung dapet magang. dulu gue magang itu harus pake surat lamaran dan belum tentu diterima, padahal maganganya juga ga dibayar. ^_^ tapi cerita magang emang seru ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah mbak, saya beruntung berarti :) mungkin beda lokasi beda peraturan, hehe iya seruuuuu!! :D

      Hapus
  4. eh masih kuliah ternyata... hehhe.. jadi ngebayangin dulu sy kuliah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, hehe minta doanya biar segera lulus yaa ;)

      Hapus
  5. hihihi saya dulu pernah tertarik lhooo... tapi tidak terkabul....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak gpp, stiap orang punya jalan takdir sendiri2 :)

      Hapus
  6. uwah seru banget magangnya....kl dapet byk hadiah berarti berkesan orangnya hhehe
    salm kenal ^^

    BalasHapus
  7. kakak...kira kira kalo ank D1 boleh magang di telkom gak ya kak?trus apa aja sih kak posisi yg ada di telkom buat magang???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya boleh deh, tiap taun ada anak SMK juga kok yg magang di Telkom Jogja :D Lebih jelasnya bisa langsung ke kantor Telkom terdekat, siapa tahu beda daerah beda kebijakan :)

      Hapus
    2. kak saya baru kelas 2 smk dijurusan rpl
      apakah bisa PKL di telkom?
      mohon dibantu

      Hapus
    3. lsg hubungi kantor cabang Telkom terdekat saja dek :)

      Hapus
  8. jarang-jrang tuh magang dpt kenang2an...tp klo magang di pegadain pengalaman tmnku dl...pamitan pasti dpt uang saku....hehe...enak..enak..enak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah, hehe
      asik dong dapet uang saku :D
      tiap tempat magang emang punya aturan yg beda2 :)

      Hapus
  9. Untung saya tidak pernah nunggak speedy jadi nggak dapat telepon darimu ya mbak? hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada konsumen teladan nih *kasih 4 jempol buat mas wijna :D

      Hapus
    2. kalau internet mati ntar ga bisa blogwalking, hahaha

      Hapus
    3. yeay, asik2 lanjoottt terosss mas blogwalkingnya, ditunggu kunjungan & komentar2 berikutnya :')

      semoga mas wijna senantiasa diberi kelancaran dalam ber online ria :D

      Hapus
  10. itu magangnya berapa lama ya?

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. nice, bisa saya coba. makasih mba infonya... :)

    BalasHapus
  13. Assalamu 'alaikum mba...
    Mba, klu buat freshgraduate bsa gak ya magang di telkom??
    Mksh sblm.a :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo utk freshgraduate bisa ikut program magang telkom yg ini mbak >> http://www.telkomrdc-media.com/?lang=ind&ch=10

      Hapus
  14. aku pingin magang nih aku baru semester 6 boleh gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu sih di Telkom seingetku gak ditanyain semester brp, cuma kalo dr jurusanku ada aturannya sendiri :)
      kecuali kalo kamu mau ikut yg ini >> http://www.telkomrdc-media.com/?lang=ind&ch=10 itu ada syaratnya minimal semester 7

      Hapus
  15. aku bukan manajemen pemasaran gak diterima donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo di Telkom Jogja sih gak diterima, tapi kalo di Telkom daerah lain kurang tau..
      tapi klo di RDC Telkom, gak disebutkan harus dari jur apa & konsentrasi apa, bsk klo semester 7 coba aja daftar..
      Info lengkap magang di RDC Telkom ada disini >> http://www.telkomrdc-media.com/?lang=ind&ch=10

      Hapus
  16. Boleh minta info cp dan alamat telkom jogja nggak? Mau coba magang disitu juga saya, mohon bantuannya

    BalasHapus
  17. Jl. Yos Sudarso 9 Yogyakarta 0274-577200 - 0274-577900.

    tepatnya di utara Kridosono, timur SMA 3 Jogja, gedungnya gede kok insyaallah gampang carinya :)

    BalasHapus
  18. Kira-kira benar ndak mbak setelah PKL di telkom apa bisa langsung kerja disana???

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada sih yg abis magang terus disuruh kerja disana, tapi statusnya bukan pegawai tetap alias outsourcing

      tapi gak semua yg magang disana terus langsung jadi karyawan outsourcing disana, hehe

      kalo mau jadi pegawai tetap ya kayak yg lain, harus kirim surat lamaran ke Telkom pusat di Band

      Hapus
  19. maaf kak, lama magang 2 bulan itu sdah maksimal atau bisa lebih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau yg lamaan ikut magang di RDC Telkom aja, info lengkapnya ada di >> http://www.telkomrdc-media.com/?lang=ind&ch=10

      kalau aku itu 2 bulan karna disuruhnya dari jurusanku 2 bulan :)

      Hapus
  20. mba saya berniat magang di sana ni bulan 6 ini,, saya boleh minta nomer hp mba

    BalasHapus
  21. kalo aku dari jurusan perikanan kelautan, prodi manajemen sumber daya perairan bisa magang di telkom juga ga ya?:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya ga bisa deh, soalnya yg dari jurusan manajemen fakultas ekonomi aja yg diterima cuma konsentrasi pemasaran, anak Manajemen (FE) konsentrasi SDM sama keuangan yg mau magang di Telkom Jogja aja ga bisa

      Hapus
  22. salam kenal juga, tau gitu dulu aku magang disana aja ga di telkom, haha sekarang dah memutuskan buat jadi internet marketer soalnya, tapi pengalaman magang di Telkom juga berharga banget sih buatku :D

    BalasHapus

Menikah atau Melajang, Mana yang Lebih Baik?

Kalau aku sendiri sih. Ini juga bisa jadi jawaban orang-orang yang suka tanya kapan nikah? Perlu diketahui, dalam Islam, agama yang aku anut...