FeniFine's Motto

"Kesuksesan anda tidak bisa dibandingkan dengan orang lain, melainkan dibandingkan dengan diri anda sebelumnya." ~Jaya Setiabudi

Rabu, 14 Januari 2015

Membuat Blog Go International Tanpa Skill Bahasa Inggris

Kalo ngeblog buat seneng-seneng aja, rasanya males banget pake bahasa baku. Enaknya ya pakai bahasa yang kita pakai sehari-hari, ya gak? Toh blogger banyak yang gak pake bahasa baku tapi blog mereka tetep laris manis, rangking alexa-nya bagus.

Iya, sekarang tujuanku nge blog ya buat seneng-seneng aja. Seriiinngggg banget dikit-dikit pengen cerita di blog, dikit-dikit pengen share di blog. Pokoknya apa-apa pengen diceritain, pengen dishare. Karna udah pengen, kalo keturutan ya akhirnya jadi merasa lebih lega.

sumber gambar: wikipedia.org
Tapi suatu saat aku pernah nyoba translate blog-ku pake widget Google Translate yang udah tak pasang. Dan hasilnya taraaaa…. Gak karuan!! Banyak kata-kata yang gak baku gak bisa tertranslate. Mending kalo ditranslate ke Bahasa Inggris, meskipun banyak yang gak ketranslate tapi kan gak gitu keliatan soalnya tulisan latin semua. Nah, kalo dicoba ditranslate ke tulisan China. Kata-kata yang gak baku otomatis menonjol tetap berdiri tegak diantara tulisan-tulisan China di kanan-kirinya.

Ternyata selama ini aku pasang widget translate gak gitu berguna. Soalnya seingetku kebanyakan artikel yang ada di blog ini menggunakan Bahasa Indonesia yang gak baku. Kalo liat di statistik kadang ada traffic dari luar negri. Tapi kalo mereka baca/translate artikel-artikelku yang gak pake bahasa baku, ya agak percuma gitu. Lah gak semua ketranslate. Apa mungkin mereka mau balik mampir ke blog ini lagi? Orang yang orang Indonesia yang paham kata-kata Bahasa Indonesia yang gak baku aja belum tentu mau kesini lagi, hehe

Yaudahlah, tapi mau hapus widget translate sayang (padahal yo widget gratisan bawaan dari google, hapus ya gampang banget tinggal hapus). Mau pake Bahasa Baku juga rasanya jadi kurang nyantai, ini blog kan cuma buat asik-asik aja. Enaknya waktu nulis ya kayak pas ngobrol sama temen aja. Coba bayangin, tiap ngobrol sama temen kamu harus pake bahasa baku, kebayang kan anehnya? Kaku banget, membosankan, dan nggak lepas.

Tapi ya itu, kalo tetep pake Bahasa yang gak baku ya blog ini pembacanya jadi terbatas. Kecuali bikin artikelnya dengan Bahasa Inggris. Lah, aku belum pede buat bikin artikel full Bahasa Inggris.

Mmm.. akhirnya utk sementara ini mungkin aku kayaknya gak ninggalin begitu aja Bahasa sehari-hari (yang gak baku) buat bikin artikel blog. Gak menutup kemungkinan juga sih kalo ntar bakal ada beberapa artikel juga yang pake bahasa baku full.

Inti dari artikel ini:

Menggunakan Bahasa Indonesia yang tidak baku menyebabkan artikel di blog tidak bisa ditranslate dengan baik oleh Google Translate.

Bahasa yang baku saja bisa diterjemahkan dengan kurang sesuai, apalagi tidak baku.

Bahasa yang tidak baku tidak fleksibel berubah-ubah Bahasa.

Padahal blog kita sangat mungkin dikunjungi visitor dari berbagai negara yang bahasanya berbeda.

Blog kita pun akhirnya menjadi susah go international.
Rugi banget, kan.

Netizen luar negri jadi malas baca blog kita, karena isinya kurang bisa dipahami, kata-kata yang ada banyak yang tidak bisa diterjemahkan menggunakan Online Translator semacam Google Translate.

Jika kita sudah banyak artikel di blog kita yang menggunakan Bahasa Indonesia yang tidak baku, maka saat kita tobat ingin menggunakan Bahasa Indonesia yang baku maka kita akan kesulitan mengedit artikel-artikel yang sudah terlanjur menggunakan Bahasa Indonesia yang tidak baku. *ini kalimat apa kereta? panjang banget* *mungkin kalimat ini juga tidak baku karena terlalu panjang*

Tapi karena saya posting di blog buat asik-asik aja, ya tidak menutup kemunginan saya masih akan menggunakan bahasa yang tidak baku untuk artikel tertentu atau kebanyakan artikel yang akan saya posting di blog.

~ Sekian dan Terimakasih ~
***************************

2 komentar:

  1. wah,saya banget nih,ngeblog pakai bahasa sehrai2 hehehe...pernah pakai bahasa formal tapi bukan aku banget gitu,kasihan yang baca hehe

    BalasHapus

Menikah atau Melajang, Mana yang Lebih Baik?

Kalau aku sendiri sih. Ini juga bisa jadi jawaban orang-orang yang suka tanya kapan nikah? Perlu diketahui, dalam Islam, agama yang aku anut...