FeniFine's Motto

"Kesuksesan anda tidak bisa dibandingkan dengan orang lain, melainkan dibandingkan dengan diri anda sebelumnya." ~Jaya Setiabudi

Kamis, 24 Januari 2013

Suplemen Ampuh


Sakit flu itu tidak enak, pilek, batuk, panas, bersin-bersin, pusing. Seringkali saya sebelum flu merasakan tanda-tanda bahwa saya akan flu. Kalau sudah begitu biasanya saya membeli vitamin C dosis tinggi (1000 mg-jangan lebih lho ya, bahaya!) dan berusaha mengkonsumsinya setiap hari. Kadang berhasil, pernah juga tidak berhasil. Kadang saya tambah madurasa (yang murah dan ada ecerannya, hehe).

Tapi sekarang sudah tidak. Gara-gara kakak saya beli spirulina. Dia sering beli obat-obat macam habbatussauda, pernah daun bidara, dan entah lupa entah malas untuk mengkonsumsi secara rutin. Jadi sering belum habis sampai masa kadaluarsa habis.

Kakak saya sih bilang, katanya dia pernah merasakan tanda-tanda akan flu, terus minum spirulina, terus tidak jadi flu. Saya pun tertarik untuk mencoba, ternyata benar. Beberapa kali badan saya agak demam, ya, nggak enak gitu, tanda-tanda akan flu lah. Eh, saya minum spirulina 2 butir aja sehari, pasti tidak jadi flu. Sudah berkali-kali saya coba di awal tahun 2013 ini. Ampuh bener. Kata kakak saya emang mahal sih. Tapi kalau nggak telaten ya memang sering lupa, malas minum rutin. Kakak saya sendiri malah jarang minum tuh.

Karena mahal ya jelas spirulina itu tidak saya minum tiap hari. Hanya kalau saya sudah merasakan tanda-tanda akan diserang flu. Sebagai penangkal flu saja lah. Jadinya ya saya senang, karena di awal tahun ini saya selalu gagal diserang flu. Haha. Paling cuma sampai sekali dua kali bersin. Tidak sampai meler dan batuk gila gitu. Alhamdulillah deh.

Ternyata vitamin C 1000 mg kalah sama spirulina. Atau mungkin vitamin C yang biasa saya beli tidak murni 100% vitamin C? Karena harga sepasangnya cuma 1000-an (masing-masing 500 mg). Soalnya saya pernah ditawari vitamin C murni alami di apotek, katanya sih lebih ampuh karena murni vitamin C nya, tidak pakai pemanis buatan segala macam. Tapi ya harganya 90rb-an. Kalau udah gini kan males banget haha (biasa, anak Fakultas Ekonomi). Orang makan jeruk yang mengandung vitamin C juga alami, Biar setara 1000 mg kan tinggal dibanyakin aja jeruknya, hehe.

Jadi intinya, kayaknya bagus tuh buat memusnahkan flu diantara kita semua. Saya sering tidak nyaman juga soalnya kalau ketemu teman yang lagi flu berat. Kasihan lihatnya, mending istirahat dirumah. Tapi ya memang aktivitas seringkali menuntu kita harus tetap datang walau flu menyerang. Yasudahlah mending kita tangkis aja pakai obat semacam spirulina ini. Tapi yang aman-aman aja dan jangan sampai over dosis loh.

O iya, tadi kan aku tulis kalau mengkonsumsi vitamin C jangan melebihi 1000 mg. Itu kan ada di wadah vitamin C merk IPI. Dosis maksimal vitamin C untuk yang tidak punya sakit ginjal itu ya 1000 mg, tidak boleh lebih. Soalnya bahaya bagi ginjal. Jadi kalau sudah punya sakit ginjal jangan coba-coba minum vitamin C dosis tinggi deh. Mungkin maksimal 300 mg per harinya. Temannya temanku ada yang masuk rumah sakit gara-gara kebanyakan vitamin C, ginjalnya kena. Sebelum minum vitamin C dicek dulu ya, berapa miligramnya, kalau per butir aja udah 1000 mg, jangan deh kalau sudah punya penyakit ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menikah atau Melajang, Mana yang Lebih Baik?

Kalau aku sendiri sih. Ini juga bisa jadi jawaban orang-orang yang suka tanya kapan nikah? Perlu diketahui, dalam Islam, agama yang aku anut...