FeniFine's Motto

"Kesuksesan anda tidak bisa dibandingkan dengan orang lain, melainkan dibandingkan dengan diri anda sebelumnya." ~Jaya Setiabudi

Sabtu, 14 September 2013

Subvokalisasi


Dulu itu waktu SMA di pelajaran Bahasa Indonesia ada materi tentang membaca cepat. Bagus sih, kalau mau dipraktekin terus menerus setiap baca. Meskipun bisa dibilang aku jarang banget baca buku, aku suka internetan. Googling hal-hal yang ingin aku ketahui misalnya. Seperti cari tahu arti kata "feni," dsb. Selama internetan itu aku suka lupa menerapkan metode baca cepat.

Sumber: https://www.flickr.com/photos/pustovit/24139911466
Terus sekarang mau skripsi bingung. Liat buku, waduh kalo gak pake baca cepat, buang-buang waktu deh kayaknya. Soalnya katanya, kalo asal baca aja, udah lama, nanti abis baca gak ada yang nyantol. Isi buku kan banyak, nggak mungkin kan kita apalin kata per kata di buku itu. Yang penting kan kita paham. Kalo pake baca cepat itu bisa langsung nangkep yang penting-penting aja, hapal yang penting-penting aja. Baca buku pun jadi nyantol ilmunya. Efisien dan efektif.

Aku sendiri punya masalah kebiasaan buruk saat baca yang susah banget diilangin. Yaitu subvokalisasi, termasuk saat ngetik gini. Meski mulutku tertutup, tapi hatiku bersuara, wkwkwk. Ya gitu, susah kalo mau nulis atau baca tanpa mbathin (membaca dalam hati). Aku sebel banget, hatiku ini cerewet banget, wkwkwk. Susah disuruh diem kalo aku lagi baca maupun nulis. Ngganggu banget. Jadi ngurangi efisiensi dan efektivitas saat membaca & menulis.

Kalo temen2 juga suka subvokalisasi gak ketika baca atau nulis? Gimana ya cara ngilangin kebiasaan ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menikah atau Melajang, Mana yang Lebih Baik?

Kalau aku sendiri sih. Ini juga bisa jadi jawaban orang-orang yang suka tanya kapan nikah? Perlu diketahui, dalam Islam, agama yang aku anut...