FeniFine's Motto

"Kesuksesan anda tidak bisa dibandingkan dengan orang lain, melainkan dibandingkan dengan diri anda sebelumnya." ~Jaya Setiabudi

Sabtu, 14 September 2013

Saya atau Aku ?


Bingung, sebaiknya kalau blogging pakai kata “saya” atau “aku”?

Awalnya sih kayaknya lebih baik pakai kata “saya” setelah googling. Tapi setelah buka blog-blog orang lain ternyata banyak juga yang pakai kata “aku”. Terutama yang isi blog nya cerita-cerita aja kayak diary. Di artikel yang cenderung gak resmi.

Ada juga blogger yang bilang pakai kata “saya” atau “aku” itu tidak masalah semuanya. Yang penting konsisten, kalau pilih pakai kata “saya,” ya pakai kata “saya” terus, kalau sudah pilih pakai kata “aku” ya pakai kata “aku” terus.

Terus coba deh pakai kata “saya”. Kalau lihat gaya bicara orang-orang yang dah sukses itu kayaknya mayoritas pakai kata “saya”. Kalau ikut lomba yang artikelnya dituntut untuk resmi juga mau tidak mau, atau lebih baik kan pakai kata “saya”. Berarti tidak bisa lari dari penggunaan kata “saya.” Mengikuti saran lebih baik kalau nulis di blog itu konsisten, kalau pakai kata “saya” ya saya terus. Kalau pakai kata “aku” ya “aku” terus. Jadi pilihan jatuh pada pemakaian kata “saya.”

Tapi tu rasanya aneh kalau kata “saya” dicampur-campur dengan kata-kata yang kurang resmi seperti: “nggak,” “banget,” dll. Jadi, akhirnya diputuskan bahwa di blog ini akan digunakan dua-duanya. Yaitu kata “saya” akan digunakan pada saat-saat tertentu, untuk tulisan yang dituntut berbahasa resmi. Sedang kalau acaranya cuma cerita-cerita, atau yang gak dituntut harus berbahasa resmi ya pakai kata “aku.” Soalnya sehari-hari kalau ngobrol sama temen-temen juga pakai kata “aku.”

Nggak penting banget ya. Hahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menikah atau Melajang, Mana yang Lebih Baik?

Kalau aku sendiri sih. Ini juga bisa jadi jawaban orang-orang yang suka tanya kapan nikah? Perlu diketahui, dalam Islam, agama yang aku anut...